Trik Menghidari Kecelakaan Sepeda Motor

Selama tiga tahun terahir, setiap tahunnya 18 ribu penunggang kuda besi di Indonesia tewas sia-sia. Kondisi ini sempat menuduh populasi pengguna sepeda motor yang kini hampir menyentuh angka 60 juta, dituding sebagai biang kerok terjadinya kecelakaan.

Padahal apa yang salah dari sepeda motor? Selain cepat sampai tujuan, kendaraan roda dua juga efisien dan ekonomis bagi masyarakat Indonesia. Semestinya kecelakaan bisa dihindari mulai dari diri sendiri. Salah satunya dengan menjadi yang “Terlihat”

1. Pilihan Pakaian

Pilihan pakaian dalam berkendara juga berpengaruh pada keselamatan berkendara. Sebaiknya motobikers tidak menggunakan pakaian atau jaket warna gelap, apalagi pada malam hari. Pilihlah pakaian atau jaket yang memiliki body glow, sehingga pengendara lain mengetahui keberadaan motobikers.

2. Menyalakan Lampu Utama

Menurut penelitian dari Kepolisian, dengan menyalakan lampu utama pada siang atau malam hari, pengendara lain dapat lebih mengetahui keberadaan pengendara lain yang ada di didepan atau belakang motobikers. Sehingga menyalakan lampu pada siang atau malam hari sangat dianjurkan agar kecelakaan dapat dihindari.

3. Lampu Signal

Hal lainnya yang tak kalah penting adalah pemanfaatan lampu signal ketika akan berbelok (kanan-kiri). Biasakan menggunakan lampu signal, meski saat berkendara di area perumahan yang sepi sekalipun. Karena dengan sering dibiasakan, maka kita akan selalu ingat dimanapun kita berkendara, terlebih di jalan raya. Sebab banyak kecelakaan terjadi hanya gara-gara lupa memberi lampu signal ketika akan berbelok. Jangan lupa  untuk segera mematikan lampu signal, ketika sudah berbelok. Agar pengendara lain tidak bingung dengan tujuan kita.

4. Lampu Rem Lebih Terang

Pemilihan lampu rem yang baik yaitu yang lebih terang dengan lampu utama atau yang berkedip. Sehingga pengendara lain dapat mengetahui signal yang kita  maksudkan. Selain itu jaga jarak aman, agar tidak terjadi rem mendadak.

5. Klakson

Curi pengendara lain dengan membunyikan klakson ketika dalam keadaan yang penting. Tapi ingat, tidak semua pengendara mendengarkan dan mengerti klakson yang kita bunyikan, jadi hendaknya tetap hati-hati. Selain itu pergunakan seperlunya, karena bunyi klakson dapat memancing emosi pengendara lain. Bukankah hal terindah adalah kita dapat menjalankan aktifitas pulang dan pergi selamat sampai tujuan?

sumber

~ oleh Radimas wiwoho pada September 20, 2010.

Satu Tanggapan to “Trik Menghidari Kecelakaan Sepeda Motor”

  1. Sependapat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: